• TEKNIK-TEKNIK MENDETEKSI INDIKASI FRAUD & KESALAHAN PELAPORAN KEUANGAN (Tips bagi Penyusun Laporan Keuangan dan Praktisi Pengawasan)

TEKNIK-TEKNIK MENDETEKSI INDIKASI FRAUD & KESALAHAN PELAPORAN KEUANGAN (Tips bagi Penyusun Laporan Keuangan dan Praktisi Pengawasan)

Date: 18 March 2019
Hotel Puri Denpasar
Jl. Denpasar Selatan No.1 Kuningan - Jakarta Selatan
Jakarta  
get directions

  • Summary

 

Dunia bisnis kerap diguncang berbagai mega skandal akuntansi (fraud pelaporan keuangan) seperti kasus Enron, WorlCom, Xerox, Toshiba, Lehman Brothers, Satyam Computers dan banyak lagi yang lain. Termasuk kasus-kasus yang ada di Indonesia, seperti kasus PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNPFinance, PT Great River, Tbk dan lain-lain. Fraud pelaporan keuangan dilakukan baik secara serampangan, maupun dengan memanfaatkan celah-celah yang ada pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Kasus-kasus tersebut telah memacu pemerintah sebagai regulator untuk terus melakukan pembenahan dalam berbagai hal seperti; (1) sistem pelaporan keuangan korporasi, (2) revisi terhadap konsep-konsep pengawasan, dan (3) optimasilasi lembaga-lembaga pengawas.  

Untuk mencegah dan mendeteksi adanya indikasi fraud dan kesalahan sebelum laporan keuangan diterbitkan, praktisi penyusun dan pelaporan keuangan dituntut untuk memahami beberapa teknik mendeteksi indikasi fraud dan kesalahan pelaporan keuangan. 


TUJUAN

  • Memberikan pembelajaran terkait aspek akuntansi, legal, bisnis dan perpajakan manipulasi laporan keuangan,
  • Memberikan pengetahuan terkait teknik-teknik mendeteksi manipulasi laporan keuangan.

TOPIK-TOPIK

  • Memahami fraud pelaporan keuangan dari berbagai perspektif (legal, bisnis, perpajakan dan lain-lain),
  • Teknik-teknik memperbesar laba melalui mark-up pendapatan (unconsolidated entitites, pendapatan fiktif dan lain-lain) dan mark-down beban (kapitalisasi dan memperlambat pembebanan),
  • Teknik-teknik menggelapkan uang perusahaan secara terselubung (dividen terselubung, pendirian vehicle dan lain-lain) dan teknik penghilangan jejak melalui aksi korporasi,
  • Teknik-teknik mendeteksi indikasi fraud dan kesalahan pelaporan keuangan melalui prosedur analitis, rasio keuangan dan Altman Z-Score Model untuk mendeteksi kebangkrutan perusahaan sejak dini.

Pembicara:

Marisi P. Purba, S.E., M.H., Ak, CA, ACPA

(Akademisi, Praktisi dan Penulis).


Senin, 18 Maret 2019

09.00 - 17.00 (registrasi 08.30)

Puri Denpasar Hotel*

Jl. Denpasar Selatan No. 1, Setiabudi, Jakarta 12950

*to be confirmed


Investasi:

Harga Normal    : Rp2900.000

Early Bird         : Rp2.500.000 (sebelum 8 Maret, 2019)

Company Group: Rp2.250.000/orang (untuk 3 orang atau lebih)


Contact Person:

Reini

0812 – 8760 – 8686

rhastuti@bdo.co.id

Natalie

0857 – 1002 – 0682

nlaura@bdo.co.id


Bank Permata

Cabang Prudential Tower

No. Rekening 701642031

a.n PT BDO Insan Dinamis Indonesia